Langsung ke konten utama

Mematikan aplikasi bawaan dengan link2sd


Feature disable aplikasi ini mulai di perkenalkan oleh OS android 4.x. Ada beberapa vendor yang sudah menanamkan perintah mendisable applikasi bawaan supaya tidak bisa digunakan ataupun tidak berjalan di background.

Contohnya saja aplikasi Map. Applikasi map ini tidak bisa di uninstall oleh user. Harus di root dulu baru bisa di uninstall. Tapi kalau ingin menggunakan applikasi ini lagi, musti install ulang dari PS jika sudah pernah di uninstall dari system.

Cara lain supaya aplikasi ini tidak membebani OS android yang mungkin tiba-tiba jalan dengan sendirinya adalah dengan mendisable. Atau kalau di link2sd dikenal dengan freeze. Aplikasi yang di disable atau freeze oleh link2sd ini tidak akan pernah bisa di pakai sebelum di unfreeze atau di enable dari pengaturan aplikasi.



Untuk cara memfreeze aplikasi yang tidak diperlukan bisa dengan cara seperti dibawah ini. Sebagai samplenya, kita akan mendisbale aplikasi chatOn bawaan dari vendor samsung di galaxy Y

  • Buka applikasi link2sd

  • Pilih aplikasi yang akan di disable / di freeze
  • Setelah membuka halaman detil, tekan pilih action
  • Pilih menu freeze untuk mendisable / freeze aplikasi tersebut



  • Setelah di freeze aplikasi tersebut tidak dapat digunakan.

  • Untuk beberapa home launcher, shortcut aplikasi ini masih ada di application drawer
  • Untuk menghilangkannya, tinggal clear data home aplikasinya, maka aplikasi tersebut tidak akan muncul di application drawer
Untuk mengembalikannya, lakukan langkah yang sama kemudian pilih unfreeze.

Persyaratan untuk menggunakan tools ini adalah:
  • Root device
  • Debug enabled
Semoga bermanfaat dan DWYOR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi lain tombol penerima panggilan di headset

Kegunaan tombol yang berada di headset utamanya adalah untuk menerima panggilan dan pause panggilan. Dan headset itu sendiri, kadang juga digunakan untuk mendengarkan music, digunakan bersama saat main game, supaya suara yang dikeluarkan oleh gadget tidak terlalu keras sehingga mengurangi beban gadget. Dengan mengurangi beban gadget, ada beberapa yang beranggapan kalau itu akan menghemat batere.

Cara Testing API / Web Untuk mampu menerima Hit 10K / 15 detik Secara Free

10K hit / 15 detik? Yakin kuat? Pernah di tanya seperti itu kah? seberapa kuat API dan arsitektur web yang anda buat untuk menangani hit customer secara bersamaan? Pernah berfikir mampu ga arsitektur dan web anda melayani ratusan customer dalam satu waktu dan kapan harus upgrade arsitektur anda?

Bingung cari celah kemanan? pake google dork saja.

Google Dork adalah istilah yang merujuk pada teknik pencarian spesifik pada mesin pencari Google dengan menggunakan kata kunci atau sintaks tertentu. Teknik ini biasanya digunakan oleh para hacker atau peneliti keamanan untuk menemukan informasi sensitif dan rentan pada website tertentu.