Langsung ke konten utama

Mengupas rooting android dengan update.zip

Feature update di galaxy
Bagi beberapa pengguna galaxy, mungkin update.zip ga begitu asing. Feature ini memang secara bawaan sudah ada di bebearpa device galaxy. Yang sebenarnya, feature ini berguna untuk backup dan restore atau update OS android oleh samsung. Tapi, feature ini juga ternyata bisa di manfaatkan untuk rooting di android. Kenapa bisa begitu? mungkin yang belum baca celoteh kita sebelumnya, bisa di baca dulu dech di sini

Membongkar update.zip untuk root android
Disini kita akan berceloteh terkait dengan update zip untuk rooting di android. Mari kita kupas dengan berceloteh ria:
1. Download file yang ada di sini
2. Sebenarnya update zip ini untuk mensupport galaxy seri:

  • GT-S5360
  • GT-S5570B
  • GT-S5670L
  • GT-S5670B
  • GT-S5830L
  • GT-S5830B
  • GT-S5830
  • GT-S5570
  • GT-S5670
  • GT-B7510


Tapi, dengan sedikit modifikasi kita bisa memanfaatkan untuk rooting android yang support update zip atau android yang memiliki recovery mode di sistem bawaannya.

Setelah selesai di download, extract file tersebut. Kemudian cari file yang ada di dalam folder META-INF\com\google\android\updater-script untuk di edit. Hilangkan bagian assert( sampai dengan ); atau hapus semua baris diatas perintah ui_print("Root for Galaxy Young...");. Sehingga script nya tinggal:


ui_print("Root for Galaxy Young...");
ui_print("Installing su and Superuser.apk...");
show_progress(0.100000, 0);
show_progress(0.500000, 0);
# format("MTD", "system");
# mount("MTD", "system", "/system");
package_extract_dir("system", "/system");
set_perm(0, 0, 04755, "/system/xbin/sqlite3");
set_perm(0, 0, 04755, "/system/xbin/su");
set_perm(0, 0, 04755, "/system/xbin/ssh");
set_perm(0, 0, 04755, "/system/xbin/busybox");
ui_print("Installing OK...");
ui_print("by yodeput...");
unmount("/system");

Keterangan sekilas:

ui_print("Root for Galaxy Young...");
ui_print("Installing su and Superuser.apk...");
2 perintah tersebut untuk menampilkan proses pada saat update zip di jalankan.

show_progress(0.100000, 0);
show_progress(0.500000, 0);
untuk memberikan tampilan progress


# format("MTD", "system");
# mount("MTD", "system", "/system");
Kedua perintah itu di comment karena itu untuk memformat sistem dan mount /system menjadi system untuk di kenali andoid. Untuk proses rooting atau penambahan binnary su dan beberapa file tambahan, tidak perlu memformat folder yang ada di sistem.

package_extract_dir("system", "/system");
Untuk mengextract semua file yang ada di folder system(yang terdapat di file zip) ke /system android

file2 binary yang di copy atau di extract antara lain:
1. sqlite3
2. su(ini yang akan menjadikan android menjadi rooting)
3. ssh
4. busybox

catatan: Jika salah satu binary file tersebut sudah ada bawaan android, sebaiknya di backup dulu. Jika binnary bawaan android itu ada, maka file2 tersebut berada di folder /system/xbin/ 

set_perm(0, 0, 04755, "/system/xbin/sqlite3");
set_perm(0, 0, 04755, "/system/xbin/su");
set_perm(0, 0, 04755, "/system/xbin/ssh");
set_perm(0, 0, 04755, "/system/xbin/busybox");
perintah2 diatas memberikan hak akses ke beberapa file yang di pindah ke /system/xbin menjadi user root dan hak akses 755(hak akses linux).

ui_print("Installing OK...");
ui_print("by yodeput...");
Untuk menampilkan progress di update recovery

unmount("/system");
Unmount folder /system. Atau kalau di windows di kenal dengan eject.

Satu hal yang tidak di bahas di atas adalah file yang ada id system\app\Superuser.apk
file apk ini yang bertugas untuk menghandle applikasi2 mana yang boleh menggunakan hak akses root nya. Jika tidak ada applikasi ini, maka semua applikasi bisa menggunakan haknya sebagai root tanpa ada warning.

Dengan mengetahui trik ini. Semoga droiders bisa bereksplorasi dan  bisa mengembangkan untuk menambah binary su ke sistem android.

Akhir kata dari tim celoteh android, DWYOR(Do With Your Own Risk) ya. Kalau masih bingung, mari kita berbagi dan berceloteh di @BelajarAndroid

Postingan populer dari blog ini

Understanding Undefined Index in php and how to fix in the right way

Undefined index is a common error message that developers encounter when working with PHP. It occurs when trying to access an array or object property that does not exist or has not been initialized. This can happen due to various reasons such as incorrect spelling of the array or object key, missing or incomplete form submissions, incorrect configuration of servers, among others. In this article, we will delve deeper into undefined index errors and how to handle them in PHP.

Fungsi lain tombol penerima panggilan di headset

Kegunaan tombol yang berada di headset utamanya adalah untuk menerima panggilan dan pause panggilan. Dan headset itu sendiri, kadang juga digunakan untuk mendengarkan music, digunakan bersama saat main game, supaya suara yang dikeluarkan oleh gadget tidak terlalu keras sehingga mengurangi beban gadget. Dengan mengurangi beban gadget, ada beberapa yang beranggapan kalau itu akan menghemat batere.

Review 10 USB Docking Station Terbaik dan Terpopuler di 2023

Apa itu USB Docking Station USB docking station adalah perangkat yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop Anda dengan berbagai periferal, seperti monitor, keyboard, mouse, printer, hard drive, dan lainnya. Dengan menggunakan docking station, Anda dapat meningkatkan produktivitas, kenyamanan, dan fleksibilitas kerja Anda. Docking station juga dapat mengisi daya laptop Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai. 10 Usb docking station yang paling populer di tahun 2023 Corsair TBT100 Thunderbolt 3 Dock :  Docking station ini mendukung hingga dua monitor 4K atau satu monitor 5K dengan port Thunderbolt 3. Docking station ini juga memiliki port USB-C, USB-A, Ethernet, audio, dan SD card reader. Docking station ini dapat mengisi daya laptop Anda hingga 85 watt. EYD 9IN1 USB C HUB To HDMI Docking Station PD TVGA 3.5mm type C Hub :    Produk ini memiliki 9 port yang meliputi HDMI, VGA, USB-C PD, USB-A 3.0, USB-A 2.0, Ethernet, audio, dan microSD card reader. Produ