Langsung ke konten utama

Membersihkan cache dan dalvik-cache menggunakan link2sd

Mungkin banyak yang menanyakan kenapa internalnya selalu berkurang free space nya. Padahal tidak menginstall applikasi baru. Hanya melakukan aktifitas normal. Dan sampai pada waktunya, internal memory low dan tidak bisa menambah aplikasi baru lagi. 

Ada kemungkinan file cache dari sebuah aplikasi atau dalvik yang dibuat oleh OS android sudah  mulai membengkak. Sehingga perlu di bersihkan secara manual supaya tersedia penyimpanan kosong yang banyak. Sebelum mengetahui cara membersihkan cache dan dalvik cache, kita kupas sekilas apa itu cache dan dalvik cache.

Cache adalah sebuah data file sementara yang di hasilkan oleh sebuah applikasi guna mempercepat pemrosesan dimasa yang akan datang(Cache Wikipedia)

Dalvik-cache adalah ruang kosong sementara yang di pake oleh java virtual machine untuk menjalankan aplikasi android(Dalvik Wikipedia).
Sekarang, bagaimana cara untuk membersihkan kedua bentuk files tersebut. Aplikasi yang kita akan gunakan adalah link2sd. Selain berfungsi untuk membuat sebuah aplikasi menjadi link, link2sd juga memiliki feature untuk membersihkan cache dan dalvik cache yang di mungkinkan tidak digunakan. Sehingga membantu device untuk mendapatkan free space yang lebih banyak.

Yang perlu dilakukan adalah buka applikasi link2sd kemudian pilih menu dan more. Maka nanti akan keluar popup option seperti ini:


Untuk membersihkan cache aplikasi yang ada di internal memory, pilih menu Clear all app caches. Maka nanti link2 sd akan mengkalkulasi banyaknya cache file dan besarnya untuk di jadikan informasi window popup seperti ini:


















Jika ingin melihat detil dari aplikasi apa saja yang memiliki cache tersebut, bisa menekan tombol details. Tapi jika ingin langsung membersihkan data cache tersebut, langsung saja tekan ok.

Sedangkan untuk membersihkan dalvik-cache, ada 2 pilihan yang bisa di pilih. Pilihan ini keluar dikarenakan ada beberapa file dalvik cache yang terlink ke partisi sdcard dan dalvik cache yang tersimpan di internal.

Dalvik cache yang menjadi link dan tersimpan di sdcard ini terjadi dikarenakan behaviour dari link2sd dalam membuat link aplikasi tertentu. Jika link tersebut juga beserta dalvik cache nya, maka dalvik cache tersebut akan terlink ke partisi sdcard.  Dalvik cache yang bisa di link ini adalah dalvik cache milik aplikasi user yang tersinstall di internal.

Sedangkan dalvik cache yang berada di internal ini, merupakan file cache untuk aplikasi yang terinstall di sistem atau aplikasi bawaan os. Jika ada beberapa dalvik cache yang sekiranya tidak digunakan lagi, bisa di hapus dulu supaya dapat memberikan free space  di internal.

Langkahnya sama seperti clear cache, cuman saat memilih menu pada window option ini pilih menu Clean up dalvik cache untuk membersihkan dalvik cache yang ada di internal.


















Untuk melihat detilnya, maka akan muncul tampilan seperti ini:


















Dan lakukan hal yang sama untuk membersihkan dalvik-cache yang ada di partisi sdcard;



































Yup, dengan melakukan 3 proses tersebut diharapkan akan memberikan ruang kosong yang lebih di internal memory. 

Note: Penghapusan cache dan dalvik-cache seharusnya tidak akan menggangu sistem. Karena file2 cache dan dalvik cache akan selalu dibuat oleh android untuk kebutuhan pemrosesan aplikasi. DWYOR.

syarat: 
  • Device android yang sudah di root
  • Aplikasi link2sd

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Understanding Undefined Index in php and how to fix in the right way

Undefined index is a common error message that developers encounter when working with PHP. It occurs when trying to access an array or object property that does not exist or has not been initialized. This can happen due to various reasons such as incorrect spelling of the array or object key, missing or incomplete form submissions, incorrect configuration of servers, among others. In this article, we will delve deeper into undefined index errors and how to handle them in PHP.

Fungsi lain tombol penerima panggilan di headset

Kegunaan tombol yang berada di headset utamanya adalah untuk menerima panggilan dan pause panggilan. Dan headset itu sendiri, kadang juga digunakan untuk mendengarkan music, digunakan bersama saat main game, supaya suara yang dikeluarkan oleh gadget tidak terlalu keras sehingga mengurangi beban gadget. Dengan mengurangi beban gadget, ada beberapa yang beranggapan kalau itu akan menghemat batere.

Review 10 USB Docking Station Terbaik dan Terpopuler di 2023

Apa itu USB Docking Station USB docking station adalah perangkat yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop Anda dengan berbagai periferal, seperti monitor, keyboard, mouse, printer, hard drive, dan lainnya. Dengan menggunakan docking station, Anda dapat meningkatkan produktivitas, kenyamanan, dan fleksibilitas kerja Anda. Docking station juga dapat mengisi daya laptop Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai. 10 Usb docking station yang paling populer di tahun 2023 Corsair TBT100 Thunderbolt 3 Dock :  Docking station ini mendukung hingga dua monitor 4K atau satu monitor 5K dengan port Thunderbolt 3. Docking station ini juga memiliki port USB-C, USB-A, Ethernet, audio, dan SD card reader. Docking station ini dapat mengisi daya laptop Anda hingga 85 watt. EYD 9IN1 USB C HUB To HDMI Docking Station PD TVGA 3.5mm type C Hub :    Produk ini memiliki 9 port yang meliputi HDMI, VGA, USB-C PD, USB-A 3.0, USB-A 2.0, Ethernet, audio, dan microSD card reader. Produ