Langsung ke konten utama

DNS Changer For Android

Terkadang, saat menggunakan paket data, tiba-tiba koneksi putus. Entah itu karena memang server routernya yang bermasalah atau dns servernya yang tewas. Hal ini susah di deteksi dari sisi android. Sering kali karena Server DNS dari provider yang bermasalah, akhirnya kita tidak bisa melakukan aktifitas menggunakan internet.



Apa itu DNS, DNS adalah Domain Name Server. Kegunaan DNS ini adalah untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP. Karena pengalamatan server sebenarnya menggunakan alamat IP. Contoh adalah: 222.40.33.12. IP yang saat ini digunakan adalah IPv4, yang sebenarnya sudah akan RIP dan digantikan oleh IPv6 yang lebih komplex dan lebih banyak stock nya.

Nah, karena DNS server ini mati maka penerjemahan dari alamat yang berupa xxxx.com menjadi sebuah angka jadi bermasalah. Sehingga kita tidak dapat melakukan aktifitas. 


Untuk itu sebenarnya, kita memerlukan sebuah server DNS yang terpercaya. DNS itu adalah milik google yang beralamat di 8.8.8.8 atau di 8.8.4.4 simple bukan? 

Tapi, bagaimana caranya untuk mengubah alamat dns yang ada di android? Untuk mengubah DNS yang ada di android, kita memerlukan apk yang namanya DNS Changer(ROOT Required). Kenapa root di perlukan? karena config DNS ini letaknya ada di sistem. Sehingga kalau akan melakukan perubahan file, di perlukan hak akses yang lebih tinggi lagi.

Cara penggunaannya adalah:

  • Install Dns Changer dari playstore
  • Buka Dns Changer

  • Isi Primary DNS dengan 8.8.8.8 dan Alternate DNS dengan 8.8.4.4
  • Untuk auto change, Tekan menu > setting. Maka akan keluar tampilan seperti :

  • Untuk pemilihan auto dns ini bisa auto untuk wifi saja atau auto untuk 3G ataupun keduanya.
  • Untuk pengaturan DNS setting, yang perlu di lakukan adalah klik Choose From Available


  • Pilih US - Google 1 untuk primary dns nya, kemudian check bagian Auto set primary DNS
  • Lakukan langkah diatas untuk setup alternatif dns dengan memilih server US - Google 2
Done, sekarang server harusnya tidak pernah bermasalah atau mati. Karena server dns yang digunakan adalah milik google. Dan jika internet mati, bisa dipastikan kalau yang mati adalah server routing dari provider. Kalau masalah ini yang perlu di lakukan adalah: Telp providernya dan tanyakan, kapan server nya nyala.


Postingan populer dari blog ini

Fungsi lain tombol penerima panggilan di headset

Kegunaan tombol yang berada di headset utamanya adalah untuk menerima panggilan dan pause panggilan. Dan headset itu sendiri, kadang juga digunakan untuk mendengarkan music, digunakan bersama saat main game, supaya suara yang dikeluarkan oleh gadget tidak terlalu keras sehingga mengurangi beban gadget. Dengan mengurangi beban gadget, ada beberapa yang beranggapan kalau itu akan menghemat batere.

Cara Testing API / Web Untuk mampu menerima Hit 10K / 15 detik Secara Free

10K hit / 15 detik? Yakin kuat? Pernah di tanya seperti itu kah? seberapa kuat API dan arsitektur web yang anda buat untuk menangani hit customer secara bersamaan? Pernah berfikir mampu ga arsitektur dan web anda melayani ratusan customer dalam satu waktu dan kapan harus upgrade arsitektur anda?

Bingung cari celah kemanan? pake google dork saja.

Google Dork adalah istilah yang merujuk pada teknik pencarian spesifik pada mesin pencari Google dengan menggunakan kata kunci atau sintaks tertentu. Teknik ini biasanya digunakan oleh para hacker atau peneliti keamanan untuk menemukan informasi sensitif dan rentan pada website tertentu.